loading...
Catatan Si Boy

Catatan Online Ofa Ragil Boy seputar Motivasi Kehidupan, Cerita Cinta Anak Remaja

Menu

10 Manfaat Berantem dengan Pasangan

Kategori Catatan: Asmara

10 Manfaat Berantem dengan Pacar atau Pasangan. Apakah Anda termasuk yang alergi dengan konflik? Sebenarnya perselisihan dengan pasangan bukan sesuatu yang harus dihindari. Dari perselisihan itu ada banyak manfaat yang bisa dipetik.

Orang kerap menghindari konflik karena kecemasan dan ketakutan yang datang bersamanya. Konflik bisa membuat orang merasa tidak nyaman. Kita bisa dibuat keringat dingin karena berkonflik dengan pasangan, dan bisa pula gemetar, atau membentak. Parahnya, konflik bisa membuat hubungan kandas. Tak heran jika banyak orang yang memilih menghindarinya.

Menurut Psikolog Dr. Sherrie Campbell, jika seseorang bisa melihat masalahnya di masa lalu yang dibumbui dengan konflik, itu bisa membantu jika orang itu fokus. Konflik bisa mengubah hubungan seseorang atau diri masing-masing.

Ini 10 manfaat dari konflik seperti dikutip GalTime

1. Konflik membuka mata untuk ide-ide baru

Konflik bisa membuat pikiran orang bolak-balik. Kita membiarkan orang lain menyempurnakan kebenaran, kita berusaha mengatakan kebenaran. Dengan cara ini konflik membuat kreatif.

2. Konflik memberikan kesempatan untuk mengambil sikap untuk memenuhi kebutuhan kita

“Saya akan berbagi dengan Anda bahwa kebanyakan orang tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan karena mereka tidak mengatakan apa yang mereka inginkan”.

Konflik merupakan kesempatan untuk belajar menyampaikan kebutuhan kita dan membuatnya tercapai.

3. Konflik mengajarkan kita fleksibel

Jika Anda mengalami konflik, pasangan Anda tak hanya harus menyesuaikan diri dengan Anda dan kebenaran yang disampaikan Anda, tapi Anda juga harus menyesuaikan diri dengan pasangan Anda dan kebenaran darinya.

4. Konflik mengajarkan kita untuk mendengarkan

Kunci menghadapi setiap konflik dengan sukses adalah belajar untuk mendengarkan. Dengarkanlah seseorang dengan benar, mendengarkan harus aktif, tidak pasif. Mendengarkan membutuhkan kontrol diri. Kita perlu membuat tujuan untuk menjadi tenang dan menahan diri dari berbicara sampai orang lain selesai berbicara.

5. Konflik mengajarkan pola perilaku

Seperti kita terlibat dalam konflik, kita akan belajar tentang bagaimana orang lain berpikir dan gaya komunikasi, serta dan pandangannya. Mengetahui pola orang lain menyediakan beberapa bentuk prediktabilitas dan membantu kita menjadi lebih efektif dalam hubungan kita.

6. Konflik mengarah ke solusi

Ketika apa yang terjadi tak bisa berjalan lebih lama lagi, sesuatu yang baru harus dibentuk untuk membangun hubungan baru atau cara-cara baru untuk menjalankannya lagi. Dalam beberapa cara, konflik merupakan bentuk brainstorming dengan hasil akhir berupa solusi atau jalan baru.

7. Konflik memberikan kesempatan untuk berlatih berkomunikasi

Semakin kita terlibat dalam konflik, kita akan lebih baik dalam berkomunikasi. Ini bukan berarti Anda harus menciptakan konflik, tetapi maksudnya adalah untuk tidak takut terlibat dalam konflik ketika muncul.

8. Konflik adalah kesempatan untuk menentukan batas-batas

Konflik bisa membuat kita belajar mengetahui informasi tentang diri kita yang bisa dikomunikasikan, belajar untuk mengaktifkan diri kita sendiri dan meminta orang lain untuk mundur.

9. Konflik memberikan kesempatan untuk berlatih mengendalikan emosi

Kita tidak harus begitu emosional sepanjang waktu. Jika kita ingin dianggap serius, kita harus mendekati konflik serius. Kita harus belajar untuk tetap tenang, untuk mengucapkan kata-kata paling sedikit mungkin yang langsung ke intinya dan tetap teguh dalam menetapkan cara.

10. Konflik memberikan kesempatan bagi kita untuk membedakan diri dari orang lain

Kita bisa belajar banyak tentang siapa kita melalui perbedaan yang kita miliki dengan orang lain dan atau dalam kehidupan. Ini disebut diferensiasi. Diferensiasi adalah kemampuan kita untuk mengatakan kebenaran seperti apa adanya, sementara sisanya terlibat dengan yang berbeda dari kita

loading...

Related For 10 Manfaat Berantem dengan Pasangan