loading...
loading...
Catatan Si Boy

Catatan Online Ofa Ragil Boy seputar Motivasi Kehidupan, Cerita Cinta Anak Remaja

Menu

5 Cara Ampuh Melupakan Mantan Tanpa Siksaan

Kategori Catatan: Asmara

5 Cara Ampuh Melupakan Mantan Tanpa Siksaan. Walau dimulai dengan sesuatu yang indah, sayangnya hubungan percintaan jarang berakhir dengan cara yang sama. Kebanyakan orang merasa sedih, marah, dan patah hati saat mereka harus berpisah dengan mantan pasangan mereka.

Sayangnya mantan tak begitu mudah dilupakan. Banyak orang yang memilih untuk menenggelamkan diri dalam hal-hal tidak sehat, seperti misalnya makanan manis atau alkohol untuk menghibur perasaan mereka.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang lebih sehat yang bisa Anda lakukan untuk move on dari putus hubungan dan melupakan mantan. Dilansir dari Sofeminine, Minggu (27/3/2016), yang berbicara dengan ahli terapi hubungan dari eHarmony, Jules Filsell, inilah hal yang bisa Anda lakukan untuk move on:

1. Jangan pendam perasaan Anda

Saat patah hati, satu-satunya orang yang harus Anda yakinkan bahwa Anda baik-baik saja adalah diri Anda sendiri. Dan hal itu tidaklah berguna, karena patah hati memang sesuatu yang menyakitkan, jadi jangan berbohong pada diri Anda sendiri.

“Perasaan marah, sedih, kehilangan, dan berduka adalah normal. Jadi alih-alih menyiksa diri karena merasakannya, hal terbaik yang bisa Anda lakukan justru menerimanya,” kata Jules.

Mencoba menahan semua perasaan Anda hanyalah solusi singkat. Seperti pelan-pelan mengisi balon dengan terlalu banyak udara, Anda bisa tiba-tiba meledak.

Jadi jangan merasa takut dengan emosi Anda sendiri – menangislah jika memang itu yang Anda inginkan. Hal itu tidak akan menjadikan Anda lemah, karena hal itu manusiawi.

2. Jangan siksa diri Anda

Dalam suatu perpisahan yang buruk, terkadang Anda tidak pernah benar-benar tahu apa yang terjadi. Bahkan walaupun mantan Anda menjelaskan alasan persis penyebab berakhirnya hubungan Anda, Anda akan tetap berpikir, “ya, tapi sebenarnya kenapa?”

Terkadang sulit menerima suatu kenyataan yang terjadi, tapi Jules mengatakan, hal terburuk yang bisa Anda lakukan adalah membuang-buang waktu Anda mencari tahu kenapa hubungan Anda berakhir.

Jangan berfantasi tentang skenario lain yang mungkin terjadi, dimana Anda bisa berlaku lebih baik, atau terjaga semalaman memikirkan apa yang mungkin bisa Anda lakukan untuk membuat hubungan Anda bertahan.

Terkadang, yang paling baik adalah menerima kenyataan bahwa hubungan Anda memang sudah berakhir. Temukan hal lain untuk menjadi fokus Anda, mungkin mendekatkan diri lagi dengan teman-teman lama Anda, atau bertemu orang-orang baru.

Percayalah bahwa tak ada gunanya menyiksa diri Anda tentang pikiran-pikiran tadi.

3. Tebas habis kontak

Terkadang cara terbaik untuk melalui patah hati adalah dengan “mengeraskan” hati Anda. Seperti yang Jules katakan, “cara terbaik untuk melupakan seseorang adalah dengan cara menjalani hidup Anda secara normal, tapi tanda ada hal-hal yang akan membuat Anda teringat padanya.”

Hidup dengan sisa-sisa dari hubungan Anda hanya akan membangkitkan kenangan yang tak Anda inginkan. Saran Jules?

“Buang” mereka dari kehidupan Anda.

Hal ini bisa bersifat sementara atau permanen, tapi singkirkanlah kenangan dan barang-barang mantan Anda dari rumah atau tempat kerja Anda. Jika Anda suka mengenakan suatu aksesoris yang dia berikan, cobalah menyimpannya dalam kotak selama beberapa minggu setelah Anda berpisah. Anda boleh mengeluarkannya lagi nanti saat Anda sudah merasa lebih baik.

Kenangan yang muncul terus menerus tentang hubungan Anda hanya akan membuat Anda merasa terjebak. Pembersihan hubungan tak hanya untuk hati tapi juga ruangan Anda.

Dan mungkin akan lebih baik untuk menghapus semua nomor kontak dan sosial media mantan dari ponsel dan komputer Anda. Ini akan membuat Anda jadi lebih aman saat Anda sedang lemah dan merasa “harus” menghubungi mantan Anda kembali.

4. Temukan hal terbaik dari menjadi seorang lajang

Jadi Anda akan memulai untuk move on dari putusnya hubungan Anda. Bagus! Jules mengatakan untuk “memulainya dengan menjawab ‘iya’ untuk semua kesempatan yang muncul di hadapan Anda.”

Hal ini mungkin terkesan seperti paksaan, apalagi jika Anda merasa belum siap. Namun Jules benar, Anda harus merayakan dan menikmati kelajangan Anda.

5. Tak usah terburu-buru

Walau memaksakan diri Anda untuk “keluar” dan memulai lembaran baru, untuk yang lain yang diperlukan bisa jadi adalah waktu.

Tidak ada takaran pasti untuk kapan bagusnya Anda harus bisa melupakan mantan, dan semua orang menghadapinya dengan cara berbeda.

Karenanya, Jules mengatakan, “Lupakan saran teman-teman Anda, dan pastikan Anda melangkah maju dengan kecepatan dan cara Anda sendiri.”

Semuanya terserah pada Anda untuk mengevaluasi pikiran dan perasaan serta menentukan langkah yang paling tepat. Pastikan semuanya sesuai dengan tempo Anda, dan yang paling penting adalah, Anda trus melangkah ke depan.

loading...

Related For 5 Cara Ampuh Melupakan Mantan Tanpa Siksaan