loading...
loading...
Catatan Si Boy

Catatan Online Ofa Ragil Boy seputar Motivasi Kehidupan, Cerita Cinta Anak Remaja

Menu

Asuransi BPJS atau Asuransi Kesehatan Swasta?

Kategori Catatan: Kesehatan

lebih bagus mana antara asuransi bpjs dengan asuransi kesehatan swasta
Pilih asuransi BPJS atau asuransi kesehatan swasta, pertanyaan ini menjadi salah satu pertanyaan yang paling banyak dilontarkan. Tidak heran, mengingat, ada kelebihan dan kekurangan masing-masing pada produk tersebut. Khususnya bagi mereka yang ber-budget terbatas.

Produk BPJS memang tergolong murah. Bayangkan saja dengan premi di bawah Rp 100 ribu per bulan, Anda bisa dapat perlindungan untuk berbagai penyakit bahkan penyakit kronis. Sementara itu, pada asuransi swasta, Anda harus menggelontorkan sejumlah uang yang terbilang tidak sedikit. Namun, ketahuilah secara dalam-dalam mengenai kedua produk ini! Apa saja yang mesti Anda bandingkan sehingga Anda bisa mengambil kesimpulan yang benar. Tidak sekadar mendengar “katanya”.

Ayo Bandingkan BPJS dengan Asuransi Kesehatan Swasta

Jangan langsung menuding bahwa produk yang satu tidak bagus dan produk lainnya yang terbaik. Faktanya, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Ya, tahukah Anda bahwa sebenarnya BPJS punya kelebihan dibandingkan dengan asuransi dari pihak swasta.

  1. Premi
    Iuran premi menjadi salah satu tolak ukur atau pertimbangan ketika seseorang ingin mengambil produk asuransi tertentu. Dompet masing-masing orang tentu berbeda ya. BPJS sendiri unggul soal premi, sebagaimana sudah disinggung di awal artikel. Selain itu, premi tersebut bersifat “pukul rata” untuk semua umur dan bahkan riwayat hidup apakah merokok atau tidak. Sementara itu, asuransi dari pihak swasta biasanya menerapkan perhitungan yang berbeda jika usia semakin tua dan ada riwayat merokok.
  2. Pre-Existing Condition
    Perlu Anda catat bahwa penyakit bawaan tidak ditanggung oleh pihak asuransi swasta. Memang ada pihak asuransi yang akhirnya menawarkan solusi untuk itu, yaitu dengan memberi jaminan perawatan untuk penyakit bawaan tetapi setelah 2 tahun. Sementara itu, BPJS menanggung semua penyakit apakah itu penyakit bawaan atau tidak. Maka dari itu, tidak ada pemeriksaan kesehatan ketika daftar BPJS.
  3. Manfaat Kesehatan
    BPJS juga menawarkan manfaat kesehatan yang lebih lengkap, bahkan jika dibandingkan dengan asuransi swasta. Cakupannya adalah rawat inap, rawat jalan, kehamilan dan persalinan serta optik dan kaca mata. Asuransi dari pihak swasta memang punya manfaat lengkap tetapi premi juga “lengkap”.

Wah, melihat poin-poin di atas, BPJS ternyata punya keunggulan dibandingkan dengan asuransi swasta, bukan? Iya itu benar! Tetapi bukan tanpa tantangan. Masalahnya adalah ada banyak halangan melintang di depan BPJS. Anda pasti sudah sering mendengar berbagai keluhan mengenai asuransi dari pemerintah ini.

Rumah sakit rekanan yang terbatas. Pihak asuransi swasta punya rekanan yang lebih banyak. Jika tidak bekerja samapun, pihak asuransi akan melakukan reimburse (peserta asuransi bayar duluan tetapi akan diganti). Selain itu, proses yang cukup berbelit menjadi salah satu hal paling dikeluhkan oleh pasien. Anda tentu ingin segera mendapatkan perawatan, bukannya dirujuk sana-sini secara bertahap, bukan?

Ya, pada dasarnya, produk asuransi BPJS dari pemerintah patut diapresiasi. Namun, memang, pemerintah punya tantangan tersendiri untuk bisa meng-cover beratus juta warga negaranya. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya!

Lalu, bagaimana dengan kita sendiri? Jalan tengahnya adalah jika memungkinkan miliki kedua asuransi ini. Hal ini karena kedua asuransi tersebut sebenarnya saling melengkapi. Tetapi, pastikan asuransi kesehatan swasta yang Anda pilih bisa digunakan untuk double claim. Kemudahan dan pelayanan yang memang jauh di atas BPJS menjadikan asuransi dari pihak swasta menjadi pilihan yang lebih aman. Sakit bukan perkara main-main, bukan? Jadi, Anda bisa berkesimpulan mana yang Anda harus pilih, tentu saja, disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Salam sehat!

loading...

Related For Asuransi BPJS atau Asuransi Kesehatan Swasta?