loading...
Catatan Si Boy

Catatan Online Ofa Ragil Boy seputar Motivasi Kehidupan, Cerita Cinta Anak Remaja

Menu

Bacaan Doa Berbuka Puasa dalam Bahasa Arab

Kategori Catatan: Religi

Lowongan Kerja Terbaru


Powered by: id.neuvoo.com

Doa Buka Puasa dalam Bahasa Arab. Alhamdulillah, hari ini kita semua umat muslim sudah melaksanakan makan sahur yang pertama untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan 2012. Semoga tetap diberi kesehatan lahir batin serta amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

OK. Pada kesempatan yang baik ini, si boy akan berbagi bacaan doa berbuka puasa dalam bahasa arab dan latin. Dimana lafadz doa berbuka puasa yang sangat populer atau sangat umum di baca ketika berbuka adalah sebagai berikut :

اللهم لك صمت و بك امنت و على رزقك افطرت برحمتك يا ارحم الراحمين

Ya… doa buka puasa ramadhan tersebut di atas sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tapi tahukah Anda, doa buka puasa dengan lafazh diatas dihukumi sama seperti ucapan orang biasa seperti saya dan anda.

Dari sumber yang si boy baca (radiomuslim.com), doa tersebut tidak terdapat di kitab hadits manapun. Sehingga kita tidak boleh meyakini doa ini sebagai hadits Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam.

Dan Rosulullah SAW sendiri tidak membaca doa berbuka puasa dengan lafazh diatas, melainkan Doa Berbuka Puasa yang di baca Rasulullah adalah sebagai berikut :

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

/Dzahabaz zhamaa-u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insyaa Allah/

(‘Rasa haus telah hilang, kerongkongan telah basah, semoga pahala didapatkan. Insya Allah’)” (HR. Abu Daud no.2357, Ad Daruquthni 2/401, dihasankan oleh Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/232)

Sebagai orang awam, si boy hanya mengikuti apa yang sudah terpopuler di masyarakat kita untuk lafadz doa buka puasa. Jika Anda merasa bingung dengan doa buka puasa yang shahih atau yang sebenarnya, sebaiknya Anda tanyakan kepada guru ngaji Anda atau ustad Anda.

loading...

Related For Bacaan Doa Berbuka Puasa dalam Bahasa Arab