loading...
loading...
Catatan Si Boy

Catatan Online Ofa Ragil Boy seputar Motivasi Kehidupan, Cerita Cinta Anak Remaja

Menu

Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

Kategori Catatan: Kesehatan

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami. Meskipun sakit tenggorokan terlihat sepele, namun jika kita terkena jenis penyakit ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih saat kita makan.

Maka dari itu, jangan sekali-kali meremehkan sakit tenggorokan dan/atau penyakit-penyakit lain, karena hal ini akan berdampak lebih parah. Banyak berbagai hal yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan, diantaranya yakni karena virus, bakteri, luka dan penyebab lainnya.

Selain itu, suaca yang tak bisa diprediksi menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, seperti pilek, dan flu yang berakibat dengan rasa tak nyaman pada tenggorokan. Lantas, bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan?

Mayoritas orang mengonsumsi obat untuk melegakan tenggorokan. Namun, menurut Benjamin Asyer, MD, PC dari American Academy of Otolaryngology, obat alami merupakan solusi terbaik untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami, sebagaimana Si Boy kutip dari laman Ghiboo

Tips Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan

  1. Obat Telan
    Obat standar untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan sesendok makan madu dalam air hangat dengan perasan lemon merupakan cara alami yang baik. Cara ini dapat melapisi dan akan menenangkan iritasi pada tenggorokan.
  2. Obat Kumur
    Berkumur dengan air garam atau larutan lain menjadi solusi lain untuk membantu mengurangi sakit tenggorokan disebabkan iritasi udara kering atau alergi.
    Penelitian di India terhadap pasien yang dipasang tabung trakea pasca operasi diminta untuk berkumur menggunakan satu sendok teh licorice dalam delapan ons air.
    Hasilnya ditemukan bahwa berkumur dengan campuran tersebut dapat mengurangi tingkat keparahan sakit tenggorokan. Anda bisa mencari cairan licorice di toko obat atau jamu.
    Cara lain untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan adalah dengan berkumur menggunakan cuka sari apel organik. Cuka apel dianggap dapat membersihkan tenggorokan namun tidak sekeras jenis cuka lain. Satu sendok Wiski Bourbon dicampur segelas air hangat juga bisa digunakan untuk berkumur. Cairan ini mematikan bakteri sekaligus menenangkan tenggorokan.
  3. Cegah Kambuh
    Menurut Dr Asyer, pencegahan merupakan obat terbaik untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh iritasi atau infeksi virus. Cara termudah untuk mencegah sakit tenggorokan dimulai dari lingkungan sekitar.
    Misalnya, jika Anda menderita sakit tenggorokan di pagi hari, bisa disebabkan oleh kekeringan dari bernapas melalui mulut pada malam hari, atau bisa juga dipicu oleh refluks asam saat sedang tidur.
    Pelembab bisa mengatasi udara kering. Selain itu, aturlah bantal agar kepala sedikit terangkat sehingga dapat mencegah sakit tenggorokan akibat kenaikan asam lambung.

Apapun yang Anda lakukan, jangan mengabaikan sakit tenggorokan yang berlangsung lebih dari seminggu, bisa menjadi tanda adanya masalah serius. Jika Anda merasa rasa sakit semakin parah sehingga kesulitan menelan makanan, segera temui dokter.

Apabila Anda merupakan salah satu perokok aktif dan mengalami sakit tenggorokan, segeralah ke dokter.

Itulah beberapa cara alami mengatasi sakit tenggorokan yang dapat Si Boy share. Semoga sedikit artikel kesehatan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.

loading...

Related For Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan