loading...
loading...
Catatan Si Boy

Catatan Online Ofa Ragil Boy seputar Motivasi Kehidupan, Cerita Cinta Anak Remaja

Menu

Inilah 7 Manfaat Penting Menyusui Bayi

Kategori Catatan: Kesehatan

7 Manfaat Penting Menyusui Bayi. Selama ini seperti yang Anda ketahui Air Susu Ibu atau ASI merupakan makanan yang terbaik untuk bayi. Walaupun ada begitu banyak makanan dan susu pengganti ASI, namun ASI tetaplah makanan utama untuk mendukung kesehatan si buah hati.

Tidak hanya itu, sebab ternyata proses pemberian ASI pun menyimpan banyak manfaat untuk buah hati dan juga si ibu. Berikut adalah manfaat penting dari menyusui yang harus Anda ketahui.

  1. Inisiasi menyusui dini atau IMD mampu mengurangi risiko penyakit yang fatal seperti sindrom kematian bayi secara mendadak.
  2. Menyusui mampu membantu ibu melepaskan hormon oksitosin yang bermanfaat untuk mengurangi pendarahan setelah melahirkan.
  3. Menyusui juga bermanfaat untuk mengurangi tingkat depresi dan stres.
  4. Menyusui dapat melindungi ibu dari kanker payudara, kanker ovarium, dan diabetes tipe 2.
  5. Menyusui merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan.
  6. Risiko osteoporosis pun dapat dihindarkan dengan cara menyusui.
  7. Menyusui bermanfaat untuk meningkatkan ikatan batin secara alami antara ibu dan anak. Selain itu kontak fisik yang terjadi dapat membuat bayi merasa hangat, nyaman, dan aman.

Selain itu, ASI membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sebab ASI kaya akan nutrisi dan zat anti bodi. ASI juga merupakan makanan yang berisi air, gula, protein, dan lemak dalam jumlah yang tepat dan mampu melindungi buah hati dari penyakit kronis seperti kanker, diabetes, hingga obesitas di kemudian hari.

loading...

Related For Inilah 7 Manfaat Penting Menyusui Bayi