loading...
loading...
Catatan Si Boy

Catatan Online Ofa Ragil Boy seputar Motivasi Kehidupan, Cerita Cinta Anak Remaja

Menu

Insektisida Paling Efektif Cegah DBD

Kategori Catatan: Kesehatan

Insektisida Paling Efektif Cegah DBD. Penggunaan insektisida merupakan cara paling efektif untuk mencegah penyakit menular Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti, berdasarkan penelitian yang dilakukan dr. Tri Yunis Miko Wahyono.

“Penggunaan insektisida paling efektif karena lebih rutin dilakukan dibanding cara yang lain, seperti larvasida,” kata dr. Tri dalam konferensi pers bertajuk “Langkah Pencegahan Demam Berdarah Paling Efektif”, di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta.

Tri menjelaskan penggunaan insektisida tersebut dilakukan untuk membunuh nyamuk dewasa.

“Upaya pencegahan yang dipusatkan pada nyamuk disebut sebagai ’vector control’ yaitu upaya pengendalian nyamuk Aedes aegipty sebagai vektor penular,” katanya.

Dia menyebutkan, pencegahan pada nyamuk selain insektisida juga dilakukan pemberantasan sarang (PSN) untuk menanggulangi populasi nyamuk, larvasida untuk membunuh larva nyamuk dan penggunaan obat nyamuk untuk mencegah gigitan nyamuk.

Dari hasil studi tersebut, didapatkan pada tingkat individu bahwa penggunaan insektisida memilih efek paling efektif (OR 0,48) dibandingkan dengan pengasapan atau “fogging” (OR 0,81) dan larvasida (OR 0,84).

Selain itu, Tri menjelaskan efek pencegahan tersebut berkontribusi paling besar pada tingkat desa dibandingkan pada tingkat rumah tangga atau pada tingkat kabupaten-kota.

Studi ekologi tersebut dilakukan dengan menggunakan data sekunder dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2007 ditambah dengan data cakupan dari pengasapan dan penggunaan larvasida pada Subdit Arbovirosis Kemenkes serta studi yang melihat hubungan iklim dengan kejadian DBD di Indonesia.

Selain berpusat pada nyamuk dalam upaya pencegahan, Tri juga menggunakan dua jenis cara pencegahan lainnya berdasarkan faktor yang berperan dalam penularan penyakit tersebut, yakni penderita dan orang sehat.

“Dari sisi penderita DBD, dilakukan pengobatan yang sesuai dan isolasi penderita untuk mencegah penularan,” katanya.

Sementara itu, dari sisi orang sehat perlu dilakukan perlindungan terhadap gigitan nyamuk (penggunaan obat nyamuk, melakukan 3M, dan tinggal di lingkungan yang sehat.

“Kalau kita bicara obat pasti tidak ada obatnya, karena itu yang penting bagaimana mencegahnya karena vaksin masih dalam masa pengembangan,” ujarnya.

loading...

Related For Insektisida Paling Efektif Cegah DBD