loading...
Catatan Si Boy

Catatan Online Ofa Ragil Boy seputar Motivasi Kehidupan, Cerita Cinta Anak Remaja

Menu

Kisah Inspiratif, Jhoni Ao Seorang Pemabuk yang Bertobat

Kategori Catatan: Motivasi

Kisah Inspiratif, Jhoni Ao Seorang Pemabuk yang Bertobat. Jhoni Ao. Inilah mantan pemabuk Depok yang bertobat. Nama “Ao” yang disematkan karena kebiasaanya mengenggak minuman keras, kini telah ditanggalkan dan diganti dengan nama Zikir. Sehingga kini namanya menjadi Johni Zikir.

“Hampir semua warga Mampang mengenalnya,” demikian kisah Ustaz Arifin Ilham dalam akun Facebook, sebagaimana dikutip Dream, Selasa 24 Februari 2015.

Sebelum bertobat, Warga Mampang Indah Dua, Depok, Jawa Barat, kerap berpapasan dengan rombongan Ustaz Arifin. Sebab, saat Ustaz Arifin pulang dari jamaah salat Subuh, saat itu pula Jhoni pulang dalam kondisi mabuk. Terkadang, Jhoni menghadang iring-iringan Ustaz Arifin.

“Jhoni pulang dari begadangnya dengan teriakan cihui. Mobil abang pun sepulang dakwah pernah dicegat Jhoni, padahal saat itu ada tiga mobil jamaah yang menyertai abang,” tambah Ustaz Arifin.

Namun Ustaz Arifin berusaha sabar. Tak marah ketika dicegat Jhoni. Bukan hanya karena tahu Jhoni sedang mabuk, Ustaz Arifin mengekang amarahnya karena ingin menyadarkan Jhoni. “Itu pula yang membuat jamaah menahan diri dari marah.”

Ustaz Arifin pun berusaha bersikap baik kepada Jhoni Ao. Dia selalu menyapa terlebih dahulu jika bertemu Jhoni. Tak hanya itu, Ustaz Arifin tak jarang membungkuskan makanan untuk Jhoni. “Saat abang mampir ke rumah beliau, abang melihat beliau sedang melukis wanita dengan gambar yang kurang baik. Sambil melukis beliau merokok diselingi minum Ao.”

Sudah empat tahun perjumpaan Ustaz Arifin dengan Jhoni. Sejak 1999 hingga 2003. Dan secara tak terduga, Jhoni pun datang ke rumah Ustaz Arifin meminta bimbingan. “Akhirnya hari Jum’at pagi beliau sendiri datang ke rumah abang yang tidak jauh dari rumah beliau.”

Jhoni kemudian meminta maaf kepada Ustaz Arifin. Dia minta dibimbing salat. “Abang pun langsung mendekap beliau, abang menangis, beliau juga, istri abang dan yang kerja di rumah abang pun yang menyaksikan ikut menangis,” terang Ustaz Arifin.

Sejak itulah Jhoni Ao mulai salat. Dia juga rajin zikir. “Warga Mampang Depok pun senang bahagia menyambut hijrah Jhoni Ao. Dan kini julukan nama beliau pun ikut berubah menjadi Jhoni Zikir.”

Tak hanya rajin berzikir. Jhoni kini mengajak para pemabuk di Depok untuk bertobat. “Dan kini beliau tidak melukis yang tidak baik lagi tetapi membuat kaligrafi yang indah. Dan kaligrafi beliau yang bertulis Allah, abang pasang di ruang tamu gubuk abang,” tambah Ustaz Arifin Ilham.

loading...

Related For Kisah Inspiratif, Jhoni Ao Seorang Pemabuk yang Bertobat