loading...
Catatan Si Boy

Catatan Online Ofa Ragil Boy seputar Motivasi Kehidupan, Cerita Cinta Anak Remaja

Menu

Kumpulan Kata-kata Mutiara Islami

Kategori Catatan: Kata-kata Indah, Motivasi

Kata kata Mutiara Islami Kata Bijak Motivasi Islami. Pada catatan kali ini, alhamdulillah si boy dapat berbagi kembali kata-kata indah dan/atau kumpulan kata-kata mutiara islami yang dapat kita jadikan sebagai salah satu motivasi kehidupan.

Kata kata bijak motivasi hidup islami ini si boy dapatkan dari forumkami. Mengingat begitu besarnya manfaat positif dari kata-kata tersebut, maka dengan sengaja si boy kutip untuk kita pelajari bersama, dengan harapan kumpulan kata mutiara islami ini menjadi motivasi hidup bagi siapa saja yang membacanya.

Ok.. langsung saja Anda simak dan pelajari baik-baik serta amalkan koleksi kata-kata mutiara islami untuk memotivasi diri berikut ini.

“Waspadalah terhadap tiga orang: pengkhianat, pelaku zalim, dan pengadu domba. Sebab, seorang yang berkhianat demi dirimu, ia akan berkhianat terhadapmu dan seorang yang berbuat zalim demi dirimu, ia akan berbuat zalim terhadapmu. Juga seorang yang mengadu domba demi dirimu, ia pun akan melakukan hal yang sama terhadapmu.”


“Tiga manusia adalah sumber kebaikan: manusia yang mengutamakan diam (tidak banyak bicara), manusia yang tidak melakukan ancaman, dan manusia yang banyak berzikir kepada Allah.”


“Sesungguhnya puncak keteguhan adalah tawadhu’.” Salah seorang bertanya kepada Imam, “Apakah tanda-tanda tawadhu’ itu?” Beliau menjawab, “Hendaknya kau senang pada majlis yang tidak memuliakanmu, memberi salam kepada orang yang kau jumpai, dan meninggalkan perdebatan sekalipun engkau di atas kebenaran.”


Seorang laki-laki seringkali mendatangi Imam Ja‘far as, kemudian dia tidak pernah lagi datang. Tatkala Imam as menanyakan keadaannya, seseorang menjawab dengan nada sinis, “Dia seorang penggali sumur.” Imam as membalasnya, “Hakekat seorang lelaki ada pada akal budinya, kehormatannya ada pada agamanya, kemuliannya ada pada ketakwaannya, dan semua manusia sama-sama sebagai Bani Adam.”


“Hati-hatilah terhadap orang yang teraniaya, karena doanya akan terangkat sampai ke langit.”


“Ulama adalah kepercayaan para rasul. Dan bila kau temukan mereka telah percaya pada penguasa, maka curigailah ketakwaan mereka.”


“Tiga perkara dapat mengeruhkan kehidupan: penguasa zalim, tetangga yang buruk, dan perempuan pencarut. Dan tiga perkara yang tidak akan damai dunia ini tanpanya, yaitu keamanan, keadilan, dan kemakmuran.”


“Kuwasiatkan lima hal kepadamu: (1) jika engkau dizalimi, jangan berbuat zalim, (2) jika mereka mengkhianatimu, janganlah engkau berkhianat, (3) jika engkau dianggap pembohong, janganlah marah, (4) jika engkau dipuji, janganlah gembira, dan (5) jika engkau dicela, kontrollah dirimu”.


“Alangkah mungkin orang yang tamak kepada dunia akan mendapatkannya di dunia. Akan tetapi, ketika ia mendapatkan seluruhnya, dunia itu akan menjadi bala` baginya dan ia menjadi sengsara karenanya. Dan alangkah mungkin seorang membenci urusan akhirat. Akan tetapi, ia dapat menggapainya kemudian dan ia hidup bahagia karenanya”.


“Tiada keutamaan seperti jihad dan tiada jihad seperti menentang hawa nafsu”.


“Ambillah nasihat baik dari orang yang mengucapkannya meskipun ia tidak mengamalkannya”.


“(Jika sesuatu digabung dengan yang lain), tidak ada gabungan yang lebih indah dari kesabaran yang digabung dengan ilmu”.


“Kesempurnaan yang paling sempurna adalah tafakkuh (mendalami) agama, sabar menghadapi musibah dan ekonomis dalam mengeluarkan biaya hidup”.


“Tiga hal adalah kemuliaan dunia dan akhirat: memaafkan orang yang menzalimimu, menyambung tali persaudaraan terhadap orang yang memutuskannya, dan sabar ketika engkau diperlakukan sebagai orang bodoh”.


“Sesungguhnya Allah membenci seseorang yang meminta-minta kepada orang lain berkenaan dengan kebutuhannya, dan menyukai hal itu (jika ia meminta kepada)-Nya. Sesungguhnya Ia suka untuk diminta setiap yang dimiliki-Nya”.
Kata Mutiara Islam


“Seorang alim yang dapat dimanfaatkan ilmunya lebih utama dari tujuh puluh ribu ‘abid”.


“Seorang hamba bisa dikatakan alim jika ia tidak iri kepada orang yang berada di atasnya dan tidak menghina orang yang berada di bawahnya”.


Berdasarkan dari sumbernya, kata-kata diatas adalah kumpulan kata-kata mutiara islami dari Hadits Imam Ja‘far as dan Imam Baqir a.s. Sayangnya, disitu tidak dijelaskan tentang kedua Imam tersebut.

Namun yang pasti, kata kata mutiara islami tersebut diatas sangat bermanfaat sekali khususnya bagi si boy untuk memotivasi diri.

Lantas, bagaimana dengan Anda…???

loading...

Related For Kumpulan Kata-kata Mutiara Islami