loading...
Catatan Si Boy

Catatan Online Ofa Ragil Boy seputar Motivasi Kehidupan, Cerita Cinta Anak Remaja

Menu

Puisi Hanyut Aku

Kategori Catatan: Puisi Amir Hamzah

Kumpulan Puisi Nyanyi Sunyi Amir Hamzah Hanyut Aku. Puisi karya Amir Hamzah yang berjudul “Hanyut Aku” menggambarkan jeritan orang putus asa minta pertolongan.

Puisi ini merupakan teriakan dari Amir Hamzah supaya orang membantu melepaskannya dari keadaannya yang amat malang. Keadaan yang mengharuskan ia menyerah kepada aturan-aturan dan hukum-hukum masyarakat dan kebudayaan, dan keadaan yang mengharuskan ia melepas cita-cita kebebasan pribadi, kebebasan penentuan hidup sendiri, dan cita-cita demokrasi.

Puncak keharusan untuk melepas kebebasannya itu terjadi di mana ia harus menikahi anak Sultan Langkat sementara ia jatuh cinta kepada seorang gadis Jawa, Ilik Sundari.

Dalam kekalahannya menyerah kepada kekuasaan, menghianati cintanya yang dipilihnya sendiri dengan kemauannya sendiri sebagai manusia yang bebas, timbul keinginannya untuk mati.

Puisi Nyanyi Sunyi Amir Hamzah “Hanyut Aku”

Hanyut aku, Kekasihku!
Hanyut aku!
Ulurkan tanganMu, tolong aku
Sunyinya sekelilingku!

Tiada suara kasihan,
Tiada angin mendingin hati,
Tiada air menolak ngelak,
Dahagakan kasihMu,
Hauskan bisikMu,
Mati aku disebabkan diamMu.

Langit menyerkap,
Air berlepas tangan, aku tenggelam.

Tenggelam dalam malam
Air di atas menindih keras
Bumi di bawah menolak ke atas
Mati aku, Kekasihku, mati aku!

Dalam puisi ini, Amir Hamzah benar-benar merasa hancur dan menderita terhadap permasalahan hidupnya, hal ini tertuang dalam kata “Hanyut Aku”, ia merasa hanyut dan tenggelam akan penderitaannya. Ia minta tolong dan berharap seseorang yaitu kekasihnya untuk mengulurkan tangan dan membantunya untuk naik dari ketenggelamannya.

loading...

Related For Puisi Hanyut Aku