loading...
loading...
Catatan Si Boy

Catatan Online Ofa Ragil Boy seputar Motivasi Kehidupan, Cerita Cinta Anak Remaja

Menu

Puisi Mata Pisau

Kategori Catatan: Puisi Sapardi Djoko D

Kumpulan Puisi Sapardi Djoko Damono – Mata Pisau. Dalam puisi mata pisau karya Sapardi Djoko Damono menggambarkan seseorang yang terobsesi oleh kilauan mata pisau. Ia bermaksud akan menggunakannya nanti malam untuk mengiris apel.

Tapi sayang seribu sayang. Sebelum hal itu terlaksana, tiba-tiba terlintas bayangan yang mengerikan. Dalam hati ia bertanya-tanya, apa jadinya jika mata pisau itu dipakai untuk mengiris urat leher!. Sungguh sangat mengerikan.

Lewat puisi ini, Sapardi Djoko Damono memperingatkan dan/atau menyadarkan kepada para pembaca semua bahwa “Tajamnya pisau memang dapat digunakan untuk sesuatu yang positif, misalnya untuk mengiris apel. Namun pisau juga dapat dimanfaatkan untuk hal yang negatif dan mengerikan seperti mengiris urat leher”.

Dan berikut adalah bunyi bait-bait Puisi Mata Pisau karya Sapardi Djoko Darmono

Mata Pisau, Puisi karya Sapardi Djoko Damono

Mata pisau itu tak berkejap menatapmu
kau yang baru saja mengasahnya
berfikir: ia tajam untuk mengiris apel
yang tersedia di atas meja
sehabis makan malam;
ia berkilat ketika terbayang olehnya urat lehermu..

Dari puisi tersebut, maka dapat kita tarik kesimpulan yaitu; sesuatu hal dapat digunakan untuk kebaikan, tetapi sering juga disalahgunakan untuk hal-hal yang bersifat negatif. Maka dari itu, hendaknya kita memanfaatkan segala hal yang kita miliki untuk tujuan positif supaya hidup kita punya makna.

Begitulah kurang lebihnya makna puisi mata pisau karya sapardi djoko damono yang dapat si boy simpulkan pada catatan ini. Semoga bermanfaat

loading...

Related For Puisi Mata Pisau