loading...
Catatan Si Boy

Catatan Online Ofa Ragil Boy seputar Motivasi Kehidupan, Cerita Cinta Anak Remaja

Menu

Tips Cara Mendeteksi Kanker Payudara

Kategori Catatan: Kesehatan

Tips Cara Mendeteksi Kanker Payudara. Kanker payudara menduduki urutan pertama dari 10 penyakit kanker pada pasien rawat inap di rumah sakit selama periode 2004-2007, menurut data profil kesehatan Indonesia yang dikeluarkan Departemen Kesehatan.

Ironisnya hasil survei Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta tahun 2005 menunjukkan 80 persen masyarakat tidak tahu pentingnya pemeriksaan payudara secara dini.

Karena itulah, RS Pondok Indah Group didukung oleh anggota masyarakat, beberapa perusahaan dan beberapa public figure seperti, Andien Aisyah, Andra Alodita, Becky Tumewu, Melinda Babyanna, Mliund, Ligwina Hananto, Paquita Widjaja dan Stella Rissa, mengajak masyarakat terutama kaum perempuan untuk lebih memperhatikan kesehatan payudara mereka.

Gerakan yang dinamakan Kampanye Delapan (Deteksi Berkala Payudara Anda) ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaraan masyarakat akan pentingnya melakukan deteksi dini kanker payudara. Setiap tanggal delapan, kaum perempuan setidaknya diingatkan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

“Jika Anda memiliki gejala seperti pembengkakan pada seluruh atau sebagian payudara, iritasi kulit, payudara atau puting terasa nyeri, puting masuk ke dalam, puting atau kulit payudara berwarna kemerahan, bersisik atau menebal, keluar cairan dari puting selain air susu, serta benjolan di daerah ketiak, segeralah periksakan diri. Walaupun tidak semua benjolan merupakan kanker tapi tetap harus diwaspadai,” papar Dr. Sonar Sonny Panigoro, SpB.Onk dari Rumah Sakit Pondok Indah, Pondok Indah dalam rilisnya hari ini (8/5).

Sebaiknya SADARI dilakukan beberapa hari setelah menstruasi saat payudara terasa kencang, untuk mengetahui adanya perubahan pada payudara.

Saat memasuki usia 20 tahun, perempuan disarankan untuk melakukan SADARI dan segera memeriksakan diri ke dokter jika menemui perubahan/perbedaan pada payudara mereka.

“Semakin cepat kanker payudara terdeteksi maka semakin besar peluang keberhasilan penyembuhannya,” ungkap Dr Yanwar Hadiyanto, CEO RS Pondok Indah Group.

loading...

Related For Tips Cara Mendeteksi Kanker Payudara